Kami (Geni,Luthfi dan Shinta) telah mewawancarai sebuah Rumah Makan DEPOT SOTO LAMONGAN milik Bapak Muhammad Zulianto, yang terletak di Pondok Ungu Permai, Bekasi. Bapak Zulianto sudah mendirikan Rumah Makan ini selama kurang lebih 30 tahun. Dan usaha beliau sudah berkembang ke berbagai wilayah dengan membuka cabang-cabang baru yang terletak di wilayah Cibubur, Pangandaran, Bandung, Jakarta.
MOTTO
“ Jangan pernah takut dengan kegagalan, anggaplah kegagalan itu sebagai suatu keberhasilan yang tertunda dan kita harus memperbaikinya. “
Visi dan Misi bapak Zulianto dalam menjalankan usaha Rumah makan Depot Soto Lamongannya adalah sebagai berikut.
VISI
1) Sebagai usaha untuk mencari rezeki dalam arti memberi nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
2) Untuk mengembangkan potensi (kemampuan) memasak dalam keluarga.
3) Menjadikan Rumah Makan yang memiliki cita rasa masakan yang tinggi dan dipercaya oleh masyarakat.
MISI
1) Selalu meningkatkan kualitas dalam pelayanan, baik dari segi kualitas masakannya, pelayanannya maupun fasilitasnya.
2) Bersikap profesional dalam bekerja.
3) Bermain sehat dan tidak saling menjatuhkan antar pedagang.
4) Bertindak cepat dan berani ambil resiko.
Dalam mengelola dan menjalankan Rumah Makannya Bapak Zulianto menggunakan strategi sebagai berikut:
1. Mencari dan memilih lokasi (tempat) yang strategis yang mudah dijangkau oleh konsumen
2. Memilih pekerja (karyawan) yang memiliki kemampuan/skill dalam bidang memasak, dan juga cekatan(rajin).
3. Penggunaan biaya yang standard namun menghasilkan masakan yang bercita rasa tinggi
4. Menggunakan konsep Rumah Makan yang unik dengan menggunakan konsep Tradisional Jawa yang sudah jarang diangkat/ digunakan oleh rumah makan lainnya.
5. Menjaga kualitas makanan dan cita rasa yang merupakan hasil dari resep turun temurun keluarga.
6. Menjalin kerjasama yang baik dengan beberapa orang (partner) untuk memberitahukan informasi tentang segala sesuatu tentang Rumah Makan DEPOT SOTO LAMONGAN milik Bapak Muhammad Zulianto.
7. Memilih bahan makanan yang berkualitas dengan penggunaan dan pengolahan bahan masakan (makanan) yang baik.
Adapun prospek yang ingin dicapai oleh Bapak Zulianto dalam usaha rumah makannya ialah Membangun rumah makan di lokasi yang tetap dan strategis dengan menggunakan konsep tradisional Jawa.
Dari hasil wawancara kami dengan Bapak Zulianto, kami dapat menganalisa visi/ tujuan besar dengan misi/ upaya yang sudah Beliau lakukan. Menurut kami upaya Bapak Zulianto sudah tepat untuk mewujudkan prospeknya karena Beliau berusaha untuk memberikan kenyamanan bagi para tamunya baik dalam pelayanan maupun fasilitas serta mengembangkan cita rasa masakannya sehingga mereka dapat menikmati hidangan dengan senang. Selain itu Beliau memberikan nuansa yang berbeda yaitu dengan konsep tradisional Jawa dimana saat ini sudah terlalu banyak rumah makan yang menggunakan konsep modern atau bernuansa mewah.
Disusun oleh:
1. Geni Enka Lestari (23211029)
2. Luthfi Yuliana (24211180)
3. Shinta Amelia Dwiputri (29211160)
Kelas 1EB25
Universitas Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar